Visi dan Misi

 

MTsN 2 Palangka Raya merupakan lembaga pendidikan yang berciri khas agama Islam yang diselenggarakan oleh Departemen Agama dalam rangka menyukseskan pendidikan dasar 9 tahun. Sebagai lembaga pendidikan yang berciri khas agama islam, MTsN 2 Palangka Raya tidak hanya mengajarkan pendidikan Agama, tetapi juga pelajaran Umum yang bobotnya juga sama dengan sekolah umum yang berada di bawah binaan Departemen Pendidikan Nasional.

MTsN 2 Palangka Raya sebagai unit penyelenggara pendidikan tidak dapat dipisahkan dari cita-cita bangsa Indonesia yang tercantum dalam Undang-undang Sisdiknas Nomor 20 tahun 2003 yaitu : mewujudkan sumber daya insani yang potensial bagi pembangunan bangsa yang memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT (Tuhan Yang Maha Esa), berbudi pekerti yang luhur, memiliki pengetahuan, keterampilan, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian yang mantap dan mandiri serta memiliki rasa tanggung jawab kepada masyarakat dan bangsa.

Selain itu sebagai unit lembaga pendidikan MTsN 2 juga memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan. Perkembangan dan tantangan itu misalnya menyangkut: (1) perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, (2) globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas sektor serta tempat, (3) era informasi, (4) pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral manusia, (5) berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan, (6) dan era perdagangan bebas.

Tantangan sekaligus peluang itu harus direspon oleh Madrasah kami, sehingga visi Madrasah diharapkan  sesuai dengan arah perkembangan tersebut. Visi tersebut tidak lain merupakan citra moral yang menggambarkan profil madrasah yang diinginkan di masa datang. Namun demikian, visi madrasah harus tetap dalam acuan kebijakan pendidikan nasional.

Dalam merumuskan visi, pihak-pihak yang terkait   bermusyawarah, sehingga visi madrasah mewakili aspirasi berbagai kelompok yang terkait, sehingga seluruh kelompok yang terkait (guru, karyawan, siswa, orang tua, masyarakat, pemerintah) bersama-sama berperan aktif untuk mewujudkannya

Dengan mempertimbangkan kondisi dan analisis internal dan eksternal    MTsN 2 Palangka Raya, maka seluruh warga MTsN 2 Palangka Raya telah sepakat merumuskan Visi, Misi dan Tujuan sekolah.

      Visi MTsN 2 Palangka Raya

KUALITAS DAN UNGGUL YANG DIDASARI IMTAQ DAN IPTEK

MTsN 2  memilih visi ini untuk tujuan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Visi ini menjiwai warga madrasah kami untuk selalu mewujudkannya setiap saat dan berkelanjutan dalam mencapai tujuan pendidikan dan tujuan madrasah.

Visi tersebut mencerminkan profil dan cita-cita madrasah yang :

  1. Seirama dengan tujuan dan harapan masyarakat
  2. Berkualitas dan berprestasi
  3. Selalu semangat dan komitmen seluruh perangkat madrasah
  4. Memperhatikan perubahan / perkembangan ke depan yang lebih baik
  5. Pro aktif dan inovatif menentukan langkah-langkah strategis (misi) madrasah.

Untuk mencapai visi tersebut, perlu dilakukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Berikut ini merupakan misi yang dirumuskan berdasarkan visi di atas.

      Misi MTsN – 2 Palangka Raya

 DISIPLIN, BERILMU, TRAMPIL, AGAMIS DAN PELAYANAN PRIMA (DITRAPEL)

Kami selalu menumbuhkan disiplin sesuai aturan  bidang kerja masing-masing, saling menghormati dan saling percaya dan tetap menjaga hubungan kerja yang harmonis dengan berdasarkan pelayanan prima, kerjasama, dan menjalin silaturahmi. Penjabaran misi di atas meliputi :

  1. Pelaksanaan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki.
  2. Menumbuhkan semangat / motivasi secara intensif kepada seluruh komponen madrasah.
  3. Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi dirinya, sehingga dapat berkembang secara baik dan optimal.
  4. Menumbuhkan dan mendorong keunggulan dalam penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
  5. Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama Islam dan budaya bangsa sehingga terbangun siswa yang kompeten dan berakhlakul Karimah.
  6. Pencapaian lulusan yang berkualitas, berprestasi, berkepribadian muslim, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.
  7. Menumbuhkan rasa sosial  dan pelayanan kepada masyarakat.

Hal ini merupakan kegiatan jangka panjang yang masih perlu diuraikan menjadi beberapa kegiatan yang memiliki tujuan lebih detil dan lebih jelas.

Tinggalkan komentar